kue tradisional

Kue adalah penganan atau makanan ringan yang di buat dari campuran berbagai bahan pangan dan memiliki bentuk dan jenis yang beraneka ragam. Pada awalnya, kue merupakan istilah yang di gunakan untuk menyebut penganan tradisional atau oriental. Namun kemudian di generalisasikan oleh masyarakat untuk menyebut segala bentuk makanan yang bukan makanan utama. Tak perduli apakah itu oriental ataupun kontinental. Semua selama bukan merupakan makanan utama maka di sebut kue.
Kue di Indonesia dapat diartikan dengan segala macam yang dapat disantap dan dimakan di samping makanan utama nasi, lauk-pauk dan buah-buahan. Disamping itu kue Indonesia juga dapat diartikan sebagai penganan atau makanan kecil yang terdapat di Indonesia. Makanan kecil ini dapat dikonsumsi sebagai makanan selingan pada suatu hidangan pesta atau selamatan, dapat pula sebagai pengiring minum teh disajikan kepada tamu atau sebagai bekal ke kantor atau kesekolah.
Setiap Negara mempunyai kekhasan makanan kecil atau kuekuenya, seperti “English cake” adalah kue yang berasal dari Inggris, kue donat berasal dari Amerika, sedangkan dodol dari Indonesia. Kue tradisional Indonesia sangat banyak jenisnya, yang masing-masing berbeda sesuai dengan daerah asalnya dan mempunyai ciri khas masingmasing daerah.

Dari jenisnya, kita bisa mengenal kue tersebut berasal dari daerah mana. Contohnya wingko dari Jawa Tengah disebut juga dengan wingko babat, kerak telor berasal dari Jakarta/Betawi, dodol berasal dari Garut, bika ambon dari Medan, dan bolu koja dari Palembang.
Kue di Indonesia dapat diartikan dengan segala macam yang dapat disantap dan dimakan di samping makanan utama nasi, lauk-pauk dan buah-buahan. Disamping itu kue Indonesia juga dapat diartikan sebagai penganan atau makanan kecil yang terdapat di Indonesia. Makanan kecil ini dapat dikonsumsi sebagai makanan selingan pada suatu hidangan pesta atau selamatan, dapat pula sebagai pengiring minum teh disajikan kepada tamu atau sebagai bekal ke kantor atau kesekolah.
Setiap Negara mempunyai kekhasan makanan kecil atau kuekuenya, seperti “English cake” adalah kue yang berasal dari Inggris, kue donat berasal dari Amerika, sedangkan dodol dari Indonesia. Kue tradisional Indonesia sangat banyak jenisnya, yang masing-masing berbeda sesuai dengan daerah asalnya dan mempunyai ciri khas masingmasing daerah.
Dari jenisnya, kita bisa mengenal kue tersebut berasal dari daerah mana. Contohnya wingko dari Jawa Tengah disebut juga dengan wingko babat, kerak telor berasal dari Jakarta/Betawi, dodol berasal dari Garut, bika ambon dari Medan, dan bolu koja dari Palembang.Berdasarkan karakteristiknya kue Indonesia ada dua macam yaitu kue basah dan kue kering. Bila diperhatikan karakteristik kue basah salah satunya yaitu mempunyai tekstur basah/lembab. Karakteristik kue kering yaitu mempunyai tekstur kering dan umumnya dengan teknik pengolahan digoreng..
KARAKTERISTIK KUE INDONESIA
Secara umum kita mengenal 3 jenis kue yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Ketiga jenis kue tersebut adalah:
1. Kue basah
Kue basah adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kue yang bertekstur lembut, empuk dan relatif basah. Kue jenis ini biasanya memiliki umur simpan yang pendek karena kadar airnya tinggi di bandingkan kue-kue yang lain. Kue basah identik dengan kue tradisional atau kue oriental. Hal ini karena umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga lekas basi. Kue basah biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng.
2. Kue Kering
Kue kering adalah istilah yang di gunakan untuk menyebut kue yang teksturnya keras dan renyah karena memiliki kadar air yang sangat minim. Kue kering mempunyai daya simpan yang sangat tinggi. Bahannya bisa dari apa saja,  tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu. Cara memasaknya biasanya di goreng atau di panggang dalam oven. Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies.
3. Bakery
Bakery adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penganan yang berupa roti, cake, pastri, dan sejenisnya. Disebut bakery karena penganan ini dimasak dengan cara di panggang. Meski ada sebagian yang terkadang dapat di masak dengan cara di goreng. Bahan dasar bakery pun selalu sama, yaitu tepung terigu, lemak, gua, telur, garam dan cairan baik yang berupa air ataupun susu. Di bandingkan ke dua jenis kue diatas, bakery mempunyai keistimewaan dalam hal aroma. Aromanya sangat lezat dan dapat tercium dari jarak yang relatif jauh.
Ketika zaman telah modern, produk kue pun menjadi seakin beragam. Terjadi perpaduan resep di sana-sini sehingga tercipta kue jenis baru. Namun begitu, pada dasarnya bahan untuk membuat kue tetap sama.
KUE YANG BERASAL DARI TEPUNG BERAS
·        KLEPON
Klepon adalah kue tradisional yang rasanya manis dari gula merah cair di bagian dalam. Klepon semakin lezat karena disajikan dengan kelapa parut.
·        KUE MANGKOK MEKAR WARNA-WARNI
Kue Mangkok adalah jajanan tradisional yang masih disukai. Si manis legit ini bisa Anda buat dengan bahan yang mudah dicari dan murah.
·        KUE LAPIS TEPUNG BERAS
Kue lapis dengan rasa manis, gurih dan kenyal ini masih disukai. Anda bisa membuatnya sendiri dengan resep mudah dan sederhana ini.
·        KUE DADAR GULUNG
Terkadang kangen juga ya dengan jajanan pasar seperti Dadar Gulung, misalnya. Warnanya segar hijau dan aroma pandannya mengundang selera. Nah, mengobati rasa rindu Anda, kami sajikan resep kue tradisional kali ini yang membahas resep dadar gulung.
·        KUE APEM KUKUS TAPE SINGKONG
Kue ini merupakan kue tepung beras yang di padu padan kan dengan tape singkong.
·        NAGA SARI
Naga sari merupakan kue basah tradisional yang sampai sekarang masih cukup dikenal. Jajanan pasar ini selain murah dan dibuat secara tradisioanl sehingga aman untuk dikonsumsi untuk anak anak. Resep Kue nagasari biasanya diisi pisang di dalamnya.
·        KUE CARA BIKANG
Kue cara bikang termasuk jenis kue basah yang sampai saat ini masih diminati oleh masyarakat indonesia karena rasanya yang enak dan empuk. Jajanan pasar ini memang mempunyai cita rasa yang khas sampai saat ini. Kue cara bikang lebih dikenal dengan nama kue bikang tradisional. Kue cara bikang ini rasanya dijamin mantap, empuk, manis dan legit.
·         KUE PUTU MAYANG
Kue putu mayang adalah kue basah indonesia yang termasuk kategori jajanan pasar khas nusantara. Keberadaan kue putu mayang ini sekarang sudah jarang ditemukan. Padahal kue putu mayang ini enak dan dulu sangat mudah ditemukan di pasar pasar tradisional sampai dijajakan secara kelilih.
·        KUE APEM
Paduan rasa istimewa kue apem bisa kita rasakan hanya dari melihat kue ini saja. Ingin yang lebih manis dan legit cobalah kue apem dengan bahan gula jawa.
·        KUE PANCONG
Kue ini merupakan kue dari tepung beras dan santan,,kemudian di panggang di dalam cetakan khusus dan diberikan taburan gula agar member rasa manis dan gurih.
KUE YANG BERASAL DARI TEPUNG TERIGU
·        PISANG MOLEN
Merupakan kue tradisional yang menggunakan tepung terigu pada bahan dasar kulitnya.
·        PASTEL
Jajanan pasar yang satu ini mudah membuatnya. Kali ini Vemale berbagi resep pastel isi telur, wortel dan kentang.
·        KUE PUKIS
Kue pukis pasti sudah banyak yang tahu, kue basah asal gombong ini memang enak dan manis. Teksturnya yang lembut dan empuk disukai anak anak sampai dewasa. Kue pukis istimewa disajikan bersama keluarga, berikut resep kue pukis pandan istimewa.
·        KUE LUMPUR
Kue lumpur merupakan kue kukus tradisional Indonesia dengan tekstur lembut dan rasa yang manis legit istimewa. Meskipun banyak berbagai jenis aneka roti modern bermunculan kue lumpur tradisional ini masih terus bertahan karena memang rasanya yang nikmat dan tak tergantikan.
Kue lumpur termasuk jenis kue basah
·        KUE PUTHU AYU
Kue putu mayang adalah kue basah indonesia yang termasuk kategori jajanan pasar khas nusantara. Keberadaan kue putu mayang ini sekarang sudah jarang ditemukan. Padahal kue putu mayang ini enak dan dulu sangat mudah ditemukan di pasar pasar tradisional sampai dijajakan secara kelilih. Semakin banyaknya aneka jenis kue modern yang beredar di masyarakat membuat kue putu mayang ini semakin kurang dikenal.
·        KUE BINGKA
Kue bingka merupakan kue basah tradisional khas Banjar. Dahulu Kue bingka kentang hanya disajikan pada saat acara acara tertentu oleh suku banjar. Rasa kue ini manis dan legit dengan tektur yang lembut seperti bolu kemojo. Berikut cara membuat kue bingka kentang.
·        KUE BOLU KUKUS
Bolu kukus bukan lah bolu biasa, bolu tradisional khas nusantara ini rasanya manis serta banyak pilihan rasa yang dapat kita buat dan kreasikan. Salah satu yang enak adalah kue bolu kukus cokelat.
KUE YANG BERASAL DARI TEPUNG KETAN
·        KUE ONDE-ONDE KACANG HIJAU
·        KUE PUTHU
·        KUE WINGKO BABAT
·        KUE KU KACANG HIJAU
Kue Ku atau kue kura kura, merupakan kue basah tradisional indonesia yang enak dengan isi kacang hijau yang manis. Kue basah ini cukup mudah kita temukan di pasar pasar tradisional.
·        KUE KLEPON
Klepon adalah kue tradisional yang rasanya manis dari gula merah cair di bagian dalam. Klepon semakin lezat karena disajikan dengan kelapa parut.
·        KUE MOCHI
·        KUE PUTRI MANDI
merupakan kue yang terbuat dari tepung j=ketan dan juga penyajiannya menggunakan santan

Teknik memasak kue tradisional
1.      Di bakar
2.      Di goreng
3.      Di kukus 
   Di rebus
  
ssumber : http://resep-rahasia-kuu.blogspot.com/2015/01/kueindonesia-kue-adalah-penganan-atau.html

Komentar

Postingan Populer